JAKARTA | POTRET – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) bekerjasama dengan PT. Finnet Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan aviliasi PT. Telkom dan Bank Indonesia mengeluarkan fasilitas layanan pembelian tiket kereta api terbaru.
Direktur Utama PT. KAI Edi Sukmoro mengatakan fasilitas tersebut berupa vending machine pembelian tiket KA (electronic kios/E-Kiosk) yang akan semakin memudahkan calon penumpang guna melakukan pembelian tiket KA tanpa harus mengantri di loket.Edi mengatakan untuk tahap awal, E-Kios ini tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sebanyak dua unit.
“Namun ke depannya, kami bekerja sama dengan PT. Finnet Indonesia akan menyediakan fasilitas E-Kios ini diseluruh stasiun besar di Jawa dan Sumatera,”ujarnya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (13/3/2015).
Menurutnya, melalui E-Kios ini, calon penumpang cukup memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang serta menginput data berupa nama, nomor identitas, dan nomor telepon penumpang yang akan berangkat. Input data dapat dilakukan melalui layar touch screen atau keyboard fisik yang ada pada mesin E-Kios.
“Pemesanan atau pembelian tiket KA melalui E-Kios ini dapat dilakukan H-90 atau pada hari keberangkatan (go show) atau satu jam sebelum keberangkatan KA,”lanjutnya. Setelah menginput data-data berikut, calon penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini.
Metode pembayaran yang dapat diterima antara lain pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp. 2.000 hingga dengan Rp. 100 ribu pembayaran dengan kartu debit jaringan Alto dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom.
“Ini adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk terus berinovasi menyediakan fasilitas dan layanan yang memudahkan pengguna jasa KA,”katanya.
Kita mudah membuat tapi sulit untuk menjaga E-Kios ini harus bisa terus beroperasi oleh karena itu kita harus menjaga teknologi ini kata Dirut KAI Edi Sukmoro pada saat Launching Kios Elektronik Penjualan Tiket. (Slamet Parulian/Su.Red)


Post a Comment